Rabu, 13 Maret 2019

jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan tubuh


8 Makanan untuk Menambah Tinggi Badan di Masa pertumbuhan
Hasil gambar untuk jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan tubuh
Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dibutuhkan banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin D, fosfor, vitamin C, magnesium, dan masih banyak lagi. sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut untuk mendukung pertumbuhan tulang

Makanan untuk pertumbuhan tulang

1. Susu

merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang. Satu gelas susu mengandung sekitar 30% kalsium yang diperlukan tubuh, berdasarkan National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements (ODS)

2. Produk susu

Hasil gambar untuk Produk susuProduk susu seperti yogurt dan keju juga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang. Yogurt dan keju mengandung banyak kalsium. 8 ons yogurt rendah lemak mengandung 42% kebutuhan kalsium per hari. Sedangkan 1,5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% kebutuhan kalsium per hari.  Jenis keju yang paling banyak mengandung kalsium adalah jenis keju mozzarella.

3. Sayuran berdaun hijau

Hasil gambar untuk sayuran hijau
Beberapa sayuran berdaun hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan tulang, seperti brokoli, daun kale, lettuce, dan collard green. Selain mengandung kalsium, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K. Vitamin K mempunyai peran penting dalam pengaturan kalsium dan pembentukan tulang.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan sarden mengandung vitamin D dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 juga berperan dalam pembentukan struktur, fungsi, dan perkembangan tulang. Asam lemak juga dibutuhkan untuk metabolisme kalsium, serta merupakan komponen penting dalam semua membran, seperti pada membran kartilago dan tulang.


5. Kuning telur

 Kuning telur menyediakan sekitar 6% vitamin D yang dibutuhkan tubuh per hari.

6. Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang. Pepaya, jeruk, nanas, dan strawberi mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama dalam tulang.

7. Daging merah


Hasil gambar untuk daging merah Daging merah mengandung fosfor dan magnesium yang dibutuhkan tulang. Lebih dari setengah massa tulang dibentuk oleh mineral fosfor. Kekurangan fosfor dapat mengganggu mineralisasi tulang. Selain itu, mineral magnesium juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Magnesium dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang. Dan juga magnesium mempunyai peran dalam banyak metabolisme mineral.

8. Wortel

Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang tinggi. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan tulang normal. Namun terlalu banyak vitamin A juga berdampak negative bagi kesehatan tulang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jenis makanan dan minuman yang bermanfaat terhadap kesehatan, pertumbuhan tubuh

8 Makanan untuk Menambah Tinggi Badan di Masa pertumbuhan Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dibutuhkan banyak vitami...